Hari Bhayangkara Ke- 78, Polres Bungo Tanam 2.305 Pohon

 


Hari Bhayangkara Ke- 78, Polres Bungo Tanam 2.305 Pohon


Gemabangsa.id, Bungo – Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara Ke -78 Polres Bungo melaksanakan penanaman 2005 pohon, Acara berlangsung di Lapangan Tembak Polres Bungo Dusun Air Gemuruh Kec. Bathin III Kab. Bungo. Kamis (27/6/2024).

Kegiatan yang diinisiasi Kapolres Bungo AKBP Singgih Hermawan, S.I.K., M.A.P tersebut adalah merupakan upaya nyata kepedulian Polri terhadap lingkungan hidup dalam menjaga kelestarian bumi dan ketahanan pangan.

“Kita lakukan penyelamatan bumi melalui kegiatan Polisi Peduli Penghijauan. Kita tanam secara simbolis sebanyak 300 pohon di Lapangan Tembak Polres Bungo, kemudian 2005 pohon lainnya ditanam di 12 Polsek Jajaran Polres Bungo, masing-masing wilayah menanam 167 pohon,” ujar Kapolres AKBP Singgih.

Penanaman pohon menurut Singgih memiliki banyak manfaat seperti ketahanan pangan, mengatasi masalah banjir, serta mengurangi ancaman pemanasan global, menambah produksi oksigen, serta lebih khususnya dapat menurunkan kadar polusi udara di sekitar wilayah Kbupaten Bungo dan sekitarnya yang telah melampaui ambang batas sehat.

Kegiatan penanaman pohon ini juga merupakan wujud nyata kolaborasi antara aparat Kepolisian dengan masyarakat. Warga setempat turut bergabung dalam aksi ini, menunjukkan adanya kesadaran bersama dalam menjaga alam dan mewujudkan lingkungan yang lebih sehat dan lestari.

“Peran Polisi tidak hanya sebatas penegakan hukum, tetapi juga terlibat aktif dalam kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan,” Imbuhnya.

Ia berharap penanaman 10.000 pohon yang tersebar di 12 lokasi wilayah hukum Polres Bungo ini dapat memberi manfaat untuk menjadikan lahan yang kosong lebih produktif dan manfaatnya juga bisa dirasakan langsung oleh masyarakat sekitar.

Acara dihadiri Bupati Bungo diwkili Asisten 3, Komandan Kodim 0416/Bute  Letkol Inf. Arif Widyanto, S.E, M.Han, Kepala Kejaksaan Negeri Muara Bungo  Fadhila Maya Sari, S.H., M.Kn, Ketua PN Muara Bungo Bayu Agung Kurniawan, S.H, Pejabat Utama Polres Bungo, 10. Ketua Bhayangkari Cab. Bungo Ny. Eka Singgih dan Pengurus Bhayangkari Cab. Bungo serta seluruh personel Polres Bungo.