Dalam Rangka Cipta Kondisi Kamseltibcarlantas, Polres Nagekeo melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Turangga-2024

 


Dalam Rangka Cipta Kondisi Kamseltibcarlantas, Polres Nagekeo melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Turangga-2024



Gemabangsa.id, NTT - Bertempat di lapangan Apel Polres Nagekeo telah berlangsung Giat Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Turangga-2024 Dalam Rangka Ciptakan Kondisi Kamseltibcarlantas Pasca Pelaksanaan Hari Bhayangkara ke 78 Tahun 2024.

Operasi Patuh Merupakan operasi khusus yang berbeda dengan kegiatan kepolisian lainnya, atau dalam istilah lain disebut sebagai kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) dan target sasaran operasi, target keberhasilan operasi, sehingga operasi patuh ini betul-betul memberikan kesan, bermanfaat serta memberikan detterant effect kepada masyarakat diantaranya Masyarakat aman di jalan, kecelakaan menurun, ketertiban meningkat sehingga operasi ini bisa dirasakan dan manfaatnya Kamseltibcarlantas bisa terealisasikan,”.

Kapolres Nagekeo AKBP Andrey Valentino,S.I.K. melalui Waka Polres Nagekeo KOMPOL Januarius Seran,S.H. pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Operasi ini dilaksanakan dalam bentuk Harkamtibmas pada lapangan lalu lintas yang didukung instansi terkait di seluruh wilayah Provinsi NTT (Nusa Tenggara Timur) dengan mengedepankan kegiatan edukatif, persuasif, dan humanis, serta penegakan hukum guna meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas.

Di samping itu, ia juga menyampaikan bahwa apel gelar pasukan yang dilaksanakan hari ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel Polri khususnya Polres Nagekeo Polda NTT maupun sebagai sarana guna mendukung pelaksanaan operasi, sehingga berjalan dengan optimal. 

"Permasalahan di bidang Lalu Lintas, dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis. Hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk yang memerlukan Alat Transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya," ucap Kapolres Nagekeo, AKBP Andrey Valentino, Senin (15/07/24).

Ia juga mengatakan, perkembangan Transportasi juga telah memasuki Era Digital, dimana operasional order angkutan publik sudah berada dalam genggaman, cukup menggunakan handphone. 

"Modernisasi ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja Polri khususnya Polantas, sehingga Polantas mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari nodernisasi Transportasi tersebut, dengan berupaya melaksanakan Program Kapolri yang disebut presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan)," pungkas KOMPOL Januarius Seran, S.H.

Dalam pelaksanaan Operasi patuh Turangga  2024  maka Operasi ini melibatkan petugas penegak hukum yang akan menindak pelanggaran lalu lintas dengan tegas dan lebih mengedepankan  sikap Preemtif, Preventif, Humanis dalam pelaksanaan tugas.

"Laksanakan Pembinaan Dan Penyuluhan jepada seluruh nasyarakat tentang Kamseltibcar lantas berupa kegiatan Sosialisasi, Penyuluhan, Melalui pemasangan Spanduk, Banner, Baliho, penyebaran Leaflet dan Stiker Serta Melalui Media Cetak, Media Elektronik, Dan Media Sosial serta tingkatkan Sinergisitas Dan Soliditas Dengan Tni," tambahnya 

"Pemerintah Daerah dan Stakeholder terkait, sehingga diharapkan tercapainya koordinasi yang solid guna terciptanya Kamseltibcarlantas yang aman dan kondusif," tutup KOMPOL Januarius Seran, S.H. (bj)