Polsek Pulau Panggung Identifikasi Kebakaran di Dusun Tanjung Begelung

 


Polsek Pulau Panggung Identifikasi Kebakaran di Dusun Tanjung Begelung



Gemabangsa.id, Tanggamus - Peristiwa kebakaran melanda Dusun Tanjung Begelung, Pekon Tanjung Begelung, Kecamatan Pulau Panggung, Kabupaten Tanggamus, dini hari tadi, Selasa 16 Juli 2024. Kebakaran yang diduga kuat akibat korsleting listrik ini menyebabkan satu rumah habis dilalap si jago merah. 

Meski tidak ada korban jiwa, kerugian material yang ditimbulkan cukup signifikan sebab rumah korban Sudirmanto (56) berikut barang elektronik, surat berharga ludes terbakar.

Kapolsek Pulau Panggung, AKP Rahadi, SH, mengungkapkan bahwa pihaknya menerima laporan kebakaran tersebut dari Bhabinkamtibmas sekitar pukul 04.00 WIB. 

"Pada pukul 05.30 WIB, kami mendapat laporan bahwa telah terjadi kebakaran rumah di Dusun Tanjung Begelung. Tim segera dikerahkan untuk membantu memadamkan api dan melakukan identifikasi," kata AKP Rahadi mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Rinaldo Aser, SH., SIK. M.Si.

Kapolsek menjelaskan, saat kebakaran terjadi, Sudirmanto bersama istrinya sedang tertidur lelap. Mereka terbangun ketika api sudah menyala di kamar depan dan dengan cepat menyebar ke seluruh rumah yang sebagian besar terbuat dari papan.

Korban segera berteriak meminta pertolongan. Teriakan tersebut didengar oleh tetangga mereka, Darmidi (60) yang segera bergegas membantu bersama warga setempat.

"Berkat bantuan dari tetangga lainnya, api berhasil dipadamkan sebelum menjalar ke rumah-rumah sekitar," jelasnya.

Meski demikian, seluruh barang-barang milik Sudirmanto hangus terbakar. "Tidak ada yang bisa diselamatkan. Semua barang-barang kami habis terbakar," ujar Sudirmanto dengan wajah sedih.

AKP Rahadi menyebut, rumah korban terbakar terbuat dari kayu dengan ukuran 6x12 meter termasuk, televisi 29 inci, dua unit sepeda motor, sertifikat tanah, dokumen-dokumen seperti KK, KTP dan BPKB serta surat penting lainnya.

"Total kerugian diperkirakan mencapai Rp120 juta," ujarnya.

Berdasarkan hasil penyelidikan, dugaan sementara kebakaran mengarah pada korsleting listrik di bagian kamar depan rumah korban.

Peristiwa kebakaran ini mengingatkan kita akan pentingnya kewaspadaan terhadap potensi bahaya korsleting listrik. 

"Masyarakat diharapkan selalu memastikan instalasi listrik di rumah dalam kondisi baik dan segera memperbaiki jika ditemukan kerusakan," tandasnya. (Zulkipli)