Jelang Peringatan Hari Pramuka, Rutan dan Lapas Laksanakan Pelantikan Mabigus dan Persami Pramuka Warga Binaan

 


Jelang Peringatan Hari Pramuka, Rutan dan Lapas Laksanakan Pelantikan Mabigus dan Persami Pramuka Warga Binaan



Gemabangsa.id, Tanggamus - Gebrakan di bidang pembinaan kembali dilakukan jajaran Rutan Kota Agung. Kali ini, berkolaborasi dengan Lapas Kota Agung, Rutan Kota Agung meresmikan gugus depan dan melantik jajaran pengurus majelis pembimbing gugus depan (Mabigus) 01.083-01.084 gerakan pramuka pangkalan di aula Rutan Kota Agung pada Sabtu, (10/08/2024) 

Karutan Benny M Saefulloh dan Kalapas Andi Gunawan diambil sumpah oleh Wakil Ketua II Kwarcab Kabupaten Tanggamus Awal Supriyadi selaku Ketua Mabigus dimasing-masing instansi yang dipimpinnya. 

Prosesi Upacara berlangsung hikmat, dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pengambilan sumpah, penandatanganan Ikrar hingga penyematan tanda jabatan. Menariknya, petugas upacara dalam kegiatan ini adalah warga binaan peserta kegiatan pramuka dari Rutan Kota Agung. 

Mereka tampil gagah sebagai pemimpin upacara, pembawa Pataka serta pembaca dasa darma pramuka dan pembukaan UUD 1945. Sementara puluhan Warga Binaan sisanya ikut sebagai peserta upacara.

Awal Supriyadi, dalam amanatnya menyampaikan pesan bagi seluruh anggota mabigus yang di lantik agar melaksanakan tanggung jawab untuk membangun generasi melalui gerakan pramuka. Awal juga secara simbolis meresmikan berdirinya Gudep 01.083-01.084 gerakan pramuka pangkalan Rutan Kota Agung Agung serta  membuka kegiatan persami Pramuka Rutan dan Lapas sebagai puncak acara menyambut peringatan hari pramuka 14 Agustus mendatang.

Usai Upacara, ditampilkan berbagai atraksi apik ketangkasan anggota pramuka warga binaan Rutan, mulai dari ketangkasan PBB, pionering tandu, tiang bendera hingga yel-yel pramuka. Atraksi disambut meriah peserta yang hadir, bahkan Karutan dan Kalapas diarak naik tandu saat atraksi.

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan pendirian tenda, pemberian materi kepramukaan dan pentas seni yang menampilkan Band Warga Binaan Rutan Kota Agung. Malamnya, kobaran api unggun menyala menemani kegiatan renungan suci dan ramah tamah anggota mabigus dan gudep dari lapas dan rutan.

"Kegiatan persami ini kami siapkan sejak 3 bulan lalu sebagai acara jelang Hari Pramuka 14 Agustus mendatang. Alhamdulillah, secara resmi Kegiatan Pembinaan Kepramukaan di Rutan Kota Agung telah memiliki payung hukum, dibawah binaan Kwarcab Tanggamus. Kedepan, semoga anggota pramuka dari warga binaan baik dari Rutan dan Lapas bisa memberikan kontribusi positif bagi masyarakat sesuai dengan tri satya dan dasa darma pramuka," terang Beni pada penutupan persami Minggu, 11 Agutus 2024, ucapnya. (Hasbuna)