Gandeng Komunitas Wartawan Tebo, SMA Negeri 7 Gelar Pelatihan Jurnalistik Siswa

 


Gandeng Komunitas Wartawan Tebo, SMA Negeri 7 Gelar Pelatihan Jurnalistik Siswa



Gemabangsa.id, Tebo - SMAN 7 Tebo menggelar Pelatihan Jurnalistik dengan tema "Menjadi Jurnalis Profesional Di Era Digital 5.0" yang di ikuti para siswa-siswi yang ada di sekolahan tersebut, bertindak selaku pemateri dari Komunitas Wartawan Tebo (Kawat), Hafit, S.Pd dari media peloporkrimsus.com didampingi Bagas dari Radio Idola FM Rimbo Bujang dan Wendri Putra Reski dari media Eksisjambi.com. bertempat di SMAN 7 Desa Karang Dadi Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo, Sabtu (31/08/2014) kemarin. 

Turut hadir Kepala Sekolah SMAN 7 Tebo, para dewan guru, pembina ekstra jurnalis Ferri Cahyadi serta undangan lainnya. Pelatihan jurnalis dibuka langsung oleh kepsek SMAN 7  Witentireli, S.Pd., M.Pd. 

Pemateri Hafit menyampaikan dan memaparkan tentang UU No 40 Tahun 1999 tentang jurnalistik, termasuk juga penjabaran kode etik jurnalistik, cara membuat berita yang balance berdasarkan 5W+1H serta investigasi di lapangan. 

Hafid juga mengatakan akan penting nya jurnalis dikalangan siswa agar nantinya para jurnalis disekolahan tersebut bisa mempublikasikan pesan-pesan pendidikan yang ada di sekolahan nya masing-masing. 

"Seorang jurnalis harus benar-benar memiliki jiwa dan ilmu jurnalistik yang mempuni, sehingga tulisan atau berita dari produk jurnalis tersebut benar-benar sesuai UU No 40 Tahun 1999 dan berita tersebut tidak simpang siur, faktual dan memiliki sumber yang kuat dan bisa dipertanggungjawabkan," terang Hafid. 

Lanjut Hafit, dengan adanya pelatihan jurnalistik disekolahan-sekolahan akan menambah wawasan para pelajar mengetahui tentang kewartawanan, diharapkan nanti nya para pelajar yang sudah selesai di pendidikan menengah keatas yang ingin berminat menjadi wartawan dan wartawati sudah memiliki bekal sedikit banyak nya tentang jurnalistik," tukas Hafit. 

Kepsek SMAN 7 Tebo Witentireli mengucapkan terimakasih atas berkenan nya perwakilan dari Kawat Tebo yang memenuhi undangan kami, sebagai pemateri pelatihan jurnalistik siswa di sekolahan ini.

"Kami atas nama dewan guru disekolah ini mengucapkan terimakasih kepada pemateri dan pendamping nya hadir disekolah ini, diharapkan sinergitas dan kemitraan terus berkesinambungan dimasa mendatang," tutup Witentireli. 

Terpisah, Amir said yang notabene penasehat Kawat Kabupaten Tebo memberikan apresiasi kepada pemateri dari Kawat yang mengisi pelatihan di SMAN 7 Kabupaten Tebo, dengan harapan pelatihan jurnalistik seperti ini dapat di ikuti oleh sekolahan-sekolahan lainnya dengan pemateri baik dari forum kawat maupun lembaga kewartawanan lainnya.

"Saya sangat mengapresiasi kepada pihak SMAN 7 Kabupaten Tebo yang telah membuka forum pelatihan jurnalistik sebagai ekstrakurikuler disekolahan tersebut," ujar Amir Said. 

Untuk diketahui pelatihan jurnalistik ini di ikuti oleh siswa-siswi SMAN 7 Tebo tak kurang dari 30 orang, acara berlangsung dengan lancar dan sukses. (**)