Kapolres Bungo Hadiri Deklarasi Damai Peserta Pemilu 2024 Wujudkan Situasi Kamtibmas yang Kondusif

 


Kapolres Bungo Hadiri Deklarasi Damai Peserta Pemilu 2024 Wujudkan Situasi Kamtibmas yang Kondusif



Gemabangsa.id, Bungo - Bertempat di Ball Room Hotel Amaris Muaro Bungo, Masyarakat Kabupaten Bungo menjadi saksi pelaksanaan Deklarasi Damai Peserta Pemilu Tahun 2024. Deklarasi bertujuan menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, serta mewujudkan Pemilu Tahun 2024 Yang Aman Damai dan Kondusif, Senin (23/09/2024).

Hadir dalam acara Deklarasi Kampanye Damai Bupati Kabupaten Bungo, diwakili Ketua Bappeda Kabupaten Bungo H. Deddy Irawan, S.E., M.M., Kapolres Bungo Akbp Natalena Eko Cahyono, S.Kom,  Dandim 0416 Bute Letkol Inf. Arief Widyanto, S.E,.M.Han, Ketua DPRD Kabupaten Bungo Muhammad Addani, S.H,.M.H, Kejaksaan Negeri Muaro Bungo, Krisdianto,S.H.,M.H, Ketua Pengadilan Negeri Muaro Bungo, Bayu Agung Kurniawan, SH, Ketua KPU Kabupaten Bungo, Armidis, S.Pd, Ketua Bawaslu Kabupaten Bungo, Ahmadi, S.PdI, Para Komisioner KPU Kabupaten Bungo, Para Komisioner Bawaslu Kabupaten Bungo, Ketua FKUB Kabupaten Bungo, H. Sayono,  Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bungo Nomor Urut 1, H. Dedy Putra, S.H,.M.Kn dan Tri Wahyu Hidayat, Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bungo Nomo Urut 2, Jumiwan Aguza, S.M,.M.M dan Maidani, S.E, Ketua Parpol Se-Kabupaten Bungo, Perwakilan Binda Korwil Jambi dan Para OKP (Organisasi Kepemudaan).

Kegiatan ini diawali dengan upacara penyanyian lagu Indonesia Raya dan doa, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Kapolres Bungo, AKBP Natalena Eko Cahyono, S.Kom. 

Dalam sambutannya, Kapolres Eko menyampaikan pentingnya menjaga ketertiban dan keamanan selama proses pilkada ini, Beliau juga mengingatkan bahwa Pilkada bukanlah perang politik, melainkan konsolidasi politik.

Terkait dengan persiapan pengamanan pemungutan suara, disebutkan bahwa Kabupaten Bungo memiliki 627 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di seluruh wilayah. Jumlah daftar pemilih tetap mencapai 261.738 orang. Polres Bungo akan melibatkan sebanyak 463 personel Polri, dan dibantu Personel TNI serta Linmas dalam menjaga keamanan. Pola pengamanan TPS akan disesuaikan dengan tingkat risiko, dengan penempatan personel yang berbeda.

Selain itu, Polres Bungo juga telah menempatkan personel pengamanan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) serta melakukan patroli rutin. Hal ini bertujuan untuk menciptakan situasi yang tetap kondusif terutama pada instansi penyelenggara pemilu.

Semangat Pemilu Damai disampaikan dalam berbagai aspek, termasuk pentingnya toleransi, partisipasi aktif, kampanye politik yang fokus pada gagasan, dan komitmen pada aturan. Pesan-pesan ini diharapkan akan memandu seluruh peserta Pilkada Tahun 2024 di Kabupaten Bungo.

Ketua KPU Kabupaten Bungo, Armidis, S.Pd juga memberikan sambutan yang menekankan pentingnya kerjasama semua pihak dalam menjaga keamanan dan kelancaran Pilkada. Ia menyampaikan bahwa Pilkada Tahun 2024 adalah tanggung jawab bersama, termasuk partai politik, penyelenggara pemilu, dan masyarakat.

Dalam acara ini, peserta pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati menandatangani Deklarasi Damai Pilkada Tahun 2024, yang berisi komitmen untuk mewujudkan pemilu yang damai, bebas dari berita hoax, berjalan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil, dan berintegritas.

Selama kegiatan berlangsung, berjalan dengan tertib, lancar, dan aman. Semua pihak berharap agar semangat Pemilu Damai yang dideklarasikan hari ini akan terus terjaga hingga proses Pilkada selesai. Kabupaten Bungo siap menyongsong Pilkada Tahun 2024 dengan aman, lancar, damai, dan bermartabat.

Saatnya kita bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan kabupaten Bungo untuk menyongsong masa depan yang lebih baik," tutup Kapolres.