Mediasi Alot, Jalan Limbur Lubuk Mengkuang Akhirnya di Buka

 


Mediasi Alot, Jalan Limbur Lubuk Mengkuang Akhirnya di Buka



Gemabangsa.id, Bungo - Kapolsek Bathin II Pelayang IPTU Kurniadi bersama Personel Polsek melakukan Penggalangan  mengatasi Warga Bathin II Pelayang dan Kec.Tanah Tumbuh memblokir Jalan Umum menuju Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang, Senin (02/9/2024).

Akses jalan utama menuju ke Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang, Kabupaten Bungo, Jambi diblokir oleh massa dari beberapa dusun dalam Kecamatan Bathin II Pelayang, yang dipicu keruhnya air Sungai Batang Tebo, diduga akibat aktivitas PETI yang ada dialiran sungai di Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang. 

Warga melakukan pemblokiran jalan tersebut dengan menggunakan batang kayu besar melintang dijalan, yang dilakukan oleh warga Kecamatan Bathin II Pelayang dan Kec.Tanah Tumbuh.

Kasi Humas Polres Bungo, AKP M.Nur saat dihubungi melalui via selulernya membenarkan atas penutupan akses jalan tersebut. Dikatakannya, saat ini pihak Kepolisian dari Polsek Bathin II Pelayang sedang mencari solusi terkait aksi tersebut.

“Benar, Kapolsek Bathin II Pelayang IPTU Kurniadi sekarang bersama Forkopimcam Bathin II Pelayang dan Forkopimcam Limbur Lubuk Mengkuang sedang bertemu untuk mencari solusi atas aktifitas Peti yang ada di Kec.Limbur," kata AKP M.Nur, Senin (02/09/2024).

Ia menambahkan, dari pertemuan tersebut, pihak masyarakat, Polsek, dan Forkopimcam Bathin II Pelayang menemukan kesepakatan dengan poin sebagai berikut;

1. Waktu yang diberikan selama 3 hari untuk membersihkan kembali aliran Sungai Batang Tebo dari dampak gangguan aktivitas peti

2. Waktu yang diberikan sampai tanggal yang ditentukan di atas, jika sampai waktu yang telah disepakati tidak di laksanakan maka semua pemerintah terkait yang di dampingi oleh pihak TNI polri dengan masyarakat kecamatan II Pelayang, masyarakat kecamatan Limbur lubuk mengkuang, Masyarakat kecamatan Tanah tumbuh, akan melakukan sweeping ke aliran sungai batang Tebo yang ada di Limbur mengkuang dengan cara paksa dan disinyalir akan terjadi keributan masa yang tidak terbendung.

Saat sekarang Akses jalan menuju kecamatan Libur sudah dibuka dan arus lalu lintas berjalan aman. (**)